Navigasi

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Mukadimah

Alhamdulillah, kami TIM dari SMA Negeri 1 Cikarang Pusat yang berangotakan:
Telah menyelesaikan sebuah rancangan Blog. Blog ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba desain blog yang diselenggarakan oleh Zahirul Ma'ala President University.

Sabtu, 10 Mei 2014

Tips Belajar Gaya ISLAMI

Assalamualaikum Wr. Wb
     
Sobat sering belajar gak? jujur nih kalo admin mah suka males dengan namanya belajar.. hehheee..
Apa kabar sobat Cahaya Muslim? semoga kabrnya selalu baik amin...
tapi admin coba cari-cari solusi mengatasi males belajar tersebut. dan pada akhirnya nemu deh tips tepat untuk belajar ala Islami. ok jangan basa-basi lagi mari kita simak apa aja si tips nya?




1. Jangan Lupa Berdo’a

Hal ini merupakan hal yang paling penting dalam melakukan segala sesuatu hal, termasuk jika kita ingin memulai belajar. Mohonlah kepada Allah Pencipta Langit dan Bumi agar ilmu yang dipelajar dapat bermanfaat. Ingatlah bahwa ilmu itu adalah milik Allah, maka mintalah ilmu dari yang memang Maha Berilmu.


2. Pilih Waktu Yang Tepat

Sebaiknya anda memilih waktu yang tepat untuk belajar agar yang dipelajari itu dapat kita pahami dengan baik. Setiap orang memiliki waktu yang berbeda – beda dalam hal ini. Ada yang merasa belajar di malam hari membuat dirinya lebih konsentrasi, ada juga yang belajar sebelum tidur, dan masih banyak lagi waktu yang dapat digunakan untuk belajar. Dan jika menentukan waktu yang tepat maka hal itu tergantung anda tentunya.


3. Suasana Yang Tenang

Suasana dalam lingkungan sekitar kita pun merupakan hal yang perlu diperhatikan ketika anda sedang belajar. Sebaiknya anda memilih suasana yang tidak berisik atau dengan kata lain dalam keadaan yang tenang, sehingga konsentrasi anda dalam belajar tidak terganggu oleh suara-suara yang berisik. Dengan suasana yang tenang dan nyaman, maka materi yang sedang dipelajari dapat lebih mudah untuk di cerna dan di pahami. Cara belajar efektif memperhatikan kondisi psikologis, bukan hanya kondisi fisik dan fasilitas.


4. Tempat Yang Nyaman

Dalam memilih tempat untuk dapat belajar secara efektif, maka diperlukan tempat yang memiliki tingkat kenyamanan yang baik agar anda dapat belajar secara lebih santai sehingga otak anda dapat lebih mudah mencerna pelajaran tersebut.


5. Belajar Sedikit Demi Sedikit

Cara belajar yang efektif adalah sedikit demi sedikit. Ketika belajar, sebaiknya jangan sekaligus, tetapi dilakukan secara bertahap. Hal ini penting Anda lakukan, karena belajar secara sekaligus tidak akan memberikan hasil yang efektif. Jika kita belajar secara sekaligus, maka hal tersebut akan membuat otak menjadi cepat lelah karena tidak mampu mencerna informasi yang terlalu banyak. Pada akhirnya, Anda dapat merasa tertekan, bahkan dalam keadaan tertentu Anda dapat merasakan depresi atau merasa jatuh (down). Sebagai contoh yaitu ketika menghadapi ujian, banyak orang yang belajar dengan sistem kebut semalam (SKS). Jika anda perhatikan, maka orang-orang yang menetapkan cara belajar seperti itu kebanyakan tidak berhasil.


6. Membuat Ringkasan

Untuk bisa meraih cara belajar efektif, sebaiknya Anda membuat sebuah ringkasan dari materi yang harus dipelajari. Ringkasan dapat membantu anda agar lebih mudah untuk belajar. Dengan membuat ringkasan, maka setidaknya Anda telah membaca materi yang dipelajari, untuk kemudian menuliskannya kembali. Otak secara tidak langsung merekam informasi yang sedang Anda ringkas, sehingga Anda akan lebih mudah mengingatnya melalui tulisan yang diringkas tersebut.


7. Membuat Kelompok Belajar

Jika kita belajar secara sendiri tanpa ada teman atau guru yang membantu, tentunya hal itu akan membuat kita memerlukan waktu yang lama jika menghadapi soal atau masalah yang sulit. Oleh karena itu, disarankan untuk dibuat kelompok belajar agar memudahkan anda sewaktu menghadapi pertanyaan atau masalah yang tidak dapat diselesaikan sendiri. Dengan dibentuknya kelompok belajar, maka anda dapat saling bertukar pikiran dan berdiskusi antar anggota kelompok, sehingga anda dapat lebih mudah untuk menyelesaikan permasalah yang ada. Membuat kelompok belajar adalah tips cara belajar efektif yang sangat dianjurkan.

Namun satu hal yang pasti, Anda harus selektif dalam memilih anggota kelompok belajar. Mengapa? Karena jika Anda salah memilih kelompok belajar maka hal itu tidak akan menyelesaikan permasalah yang ada.

Demikian yang dapat kami jelaskan tentang beberapa cara belajar efektif yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan performa belajar Anda. Semoga bermanfaat dan semoga membuat Anda lebih berprestasi.

Sumber : islam-download.net



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer